Pesona Nusantara SMKS Al-Mahrusiyah

Bagikan :

Sumpah Pemuda merupakan tonggak perjuangan bagi bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia memaknai Hari Sumpah Pemuda sebagai momentum kebangkitan berbangsa dan bernegara melalui para pemuda. Generasi muda diingatkan kembali bahwa masa depan bangsa berada di tangan kaum muda. Selain itu kita juga diingatkan kembali bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Ciri khas ini harus terus dipertahankan bangsa Indonesia.

Hari Jumat, 28 Oktober 2023 merupakan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94. Pada momentum tersebut, SMKS Al-Mahrusiyah turut serta merayakan Hari Sumpah Pemuda dengan kegiatan Pesona Nusantara dan mengambil tema “Together in Diversity”. Tema tersebut dipilih untuk lebih memaknai ke-Bhineka Tunggal Ika yang dimiliki Bangsa Indonesia. Seluruh warga SMKS Al-Mahrusiyah turut ambil bagian dalam perayaan ini dengan memakai pakaian adat daerah di Indonesia. Rangkaian kegiatan pesona nusantara diawali dengan upacara bendera yang berlangsung di lapangan basket SMKS Al-Mahrusiyah dengan pembina upacara yaitu Bapak Herman Yosep, S.Pd. Dalam kesempatan itu, Bapak Herman mengingatkan kembali ciri khas bangsa Indonesia yaitu ber-Bhineka Tunggal Ika dengan terdiri banyak suku bangsa, bahasa dan agama.

Rangkaian acara berikutnya dilanjutkan dengan penampilan para peserta didik yang dilombakan antara lain: menyanyi lagu daerah, menari tarian daerah, CJ traditional fashion runway, drama cerita daerah dan upacara adat yang merupakan lomba wajib yang diikuti semua kelas. Selain rangkaian lomba-lomba tersebut, juga terdapat Express Yourself with Traditional Outfit yang diselenggarakan sebagai sarana mengekspresikan bakat peserta didik dalam bidang modeling dengan menggunakan pakaian. 

Seluruh warga sekolah terlihat antusias dalam mengikuti serangkaian acara pesona nusantara 2022. Pada penghujung acara ditutup dengan membacakan pemenang lomba-lomba yang telah diadakan. Juara lomba menyanyi dari kelas XII IPS 1 dengan poin 1035, juara lomba menari dari kelas XI IPS 2 dengan poin 1128, juara lomba upacara adat dari kelas XI IPS 1 dengan poin 1002, dan juara lomba drama dari kelas X-2 dengan poin 1058. Dan momentum yang paling ditunggu-tunggu adalah pengumuman lomba CJ traditional fashion runway yaitu: juara 1 lomba CJ Traditional Clothes Runway dari kelas XI IPS 2 dengan poin 1105, juara 2 lomba CJ Traditional Clothes Runway dari kelas XII MIPA dengan poin 1079, dan juara 3 lomba CJ Traditional Clothes Runway dari kelas XI MIPA dengan poin 1071.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *